top of page

Aplikasi Zoom Meeting dan Cara Menggunakannya

Sejak dimulainya musim pandemi Covid-19 tahun lalu, Anda pasti sudah sering mendengar atau baca tentang Aplikasi Zoom Meeting. Tapi belum semua orang pernah mencoba aplikasi ini. Beberapa di antaranya bahkan belum tertarik mengikuti meeting dan webinar apapun.


Seperti yang sudah sering Anda baca, Zoom adalah aplikasi video conference. Singkatnya, aplikasi ini mirip dengan Whatsapp untuk video call atau Skype.


Aplikasi Zoom Meeting dan Cara Menggunakannya

Tapi untuk lebih jelasnya, mari kita pelajari lebih lanjut tentang apa itu Aplikasi Zoom Meeting dalam artikel berikut ini.

Apa itu Zoom?

Dikutip dari situs Pocket-lint, Zoom adalah aplikasi video conference yang paling banyak digunakan saat ini. Aplikasi ini digunakan untuk berbagai macam keperluan seperti meeting kantor, kegiatan belajar mengajar dari rumah, hingga webinar dengan topik apapun yang Anda minati.


Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya, cara kerja Zoom Cloud Meetings mirip dengan video call menggunakan Whatsapp. Anda bisa bertatap muka dengan orang lain dari rumah masing-masing secara online.


Tapi bedanya dengan video call WA yang hanya bisa untuk berbagi layar antara 2 orang, Zoom ini bisa digunakan untuk mengobrol hingga lebih dari 100 orang secara bersamaan. Jadi Anda akan merasa seperti rapat, nongkrong, hang out, atau layaknya sedang belajar di kelas seperti biasa.


Saat ini hampir semua orang sudah membutuhkan Zoom Cloud Meetings untuk keperluan masing-masing. Mulai dari rapat bisnis kecil hingga kelas perusahaan besar, pembelajaran formal di sekolah hingga kursus online, webinar dengan berbagai macam topik, press conference, dan masih banak lagi.


Selain digunakan oleh organisasi dan perusahaan, aplikasi Zoom juga bisa digunakan untuk kebutuhan pribadi. Misalnya Anda sudah 2 tahun tidak bertemu orang tua di kampung karena pandemi. Oleh karena itu, Anda bisa melepas kangen dengan melalui Zoom selama belum bisa pulang kampung.

Perbedaan Zoom Meeting dan Zoom Room

Setelah tahu apa yang dimaksud aplikasi Zoom, biasanya Anda akan mendengar juga tentang Zoom Meeting dan Zoom Room. Nah, mari kita pelajari apa perbedaan dari kedua istilah ini.

Apa itu Zoom Meeting?

Zoom meeting adalah istilah yang digunakan ketika seseorang ingin menggunakan Zoom untuk melakukan panggilan atau video call dengan orang lain menggunakan aplikasi Zoom.

Untuk melakukan Zoom meeting ini Anda hanya membutuhkan koneksi internet dan download aplikasi Zoom-nya. Aplikasi Zoom bisa digunakan dengan koneksi 3G, 4G lte apalagi 5G. Selain itu, Anda juga bisa melakukan Zoom meeting menggunakan laptop, Android, maupun iOS.


Untuk download aplikasi Zoom juga tidak perlu memiliki hp Android dengan spesifikasi tinggi. Bisa dibilang, HP Android dengan budget 1 jutaan saja sudah cukup untuk download aplikasi Zoom.

Apa itu Zoom Room?

Zoom Room adalah Zoom meeting yang dilakukan di satu ruangan khusus bernama conference room. Biasanya hanya kantor-kantor yang punya conference room khusus.

Di dalam conference room ini sudah tersedia aplikasi Zoom meeting, laptop, komputer, dan mungkin Android khusus untuk memenuhi kebutuhan rapat perusahaan. Selain itu ruangan juga dilengkapi dengan layar besar, kamera, mic, speaker dan perangkat apapun agar pertemuan terasa nyaman.


Aplikasi Zoom meeting sebenarnya bisa digunakan secara gratis dengan fitur terbatas untuk kebutuhan pribadi. Tapi untuk pertemuan skala besar seperti untuk rapat perusahaan, terdapat paket khusus dengan harga yang lebih tinggi.


Pembuatan Zoom Room ini biasanya dilakukan oleh perusahaan khusus yang memang berpengalaman dalam masalah unified communication. Di Indonesia, ada Kayreach sebagai Zoom partner Indonesia yang sudah menangani pembuatan Zoom Room di berbagai perusahaan BUMN maupun swasta dalam negeri.

Bagaimana Cara Menggunakan Zoom

Bagaimana Cara Menggunakan Zoom

Setelah tahu apa itu Zoom, sekarang mari kita pelajari bagaimana cara menggunakannya.

Dalam tutorial singkat yang akan kami bagikan kali ini, Anda bisa mengikutinya jika ingin menggunakan aplikasi Zoom Meeting untuk sekolah, rapat kantor dari jarak jauh, maupun untuk mengobrol dengan teman atau saudara.

Persiapan

Baik untuk Anda yang mau join Zoom atau menjadi host, pastinya hal pertama yang dibutuhkan adalah aplikasi Zoom Meeting. Aplikasi ini bisa Anda download gratis di Google Play Store, App Store, atau lewat website resmi Zoom untuk versi MacOS dan Windows.

Jika Anda hanya ingin menjadi pengguna yang menerima panggilan, maka tidak perlu sign in ke akun Zoom menggunakan email. Tapi jika Anda ingin menjadi orang yang memulai panggilan, maka dibutuhkan email Google untuk mendaftar dan sign in menggunakan email tersebut.


Selain email Google, Anda juga bisa membuat akun Zoom dengan akun Facebook dan pilihan lainnya.


2 hal itulah yang perlu Anda persiapkan untuk menggunakan layanan Zoom. Selebihnya, Anda hanya butuh persiapan optional seperti headset agar audio terdengar jelas dan koneksi internet.

Cara Join Zoom Meeting

Jika Anda ingin bergabung ke Zoom Meeting yang dimulai oleh orang lain, ada 2 cara yang bisa diikuti.


Cara pertama adalah melalui link, berikut ini adalah langkah-langkahnya

  • Pertama, Anda perlu meminta link kepada host atau penyedia ruang meeting

  • Kemudian klik link yang dikirim oleh host

  • Jika Anda menggunakan smartphone, maka HP akan buka aplikasi Zoom secara otomatis, begitupun juga jika menggunakan komputer atau hp iOS.

Cara yang kedua adalah melalui ID Meeting. Caranya adalah seperti ini

  • Pertama, minta ID Meeting ke host

  • Kemudian buka aplikasi di HP atau platform lain

  • Masukan ID Meeting tersebut

  • Terakhir, klik Join

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, Anda tidak butuh akun jika hanya ingin bergabung ke ruang yang sudah disediakan.

Cara Buat Ruang Meeting

Sekarang Anda sudah tahu bagaimana cara join room meeting. Tapi, bagaimana jika mau membuat ruang meeting sebagai host?


Caranya sangat mudah, karena hanya ada 1 cara baik untuk pengguna dari Android, Windows, atau platform lainnya.

  1. Pertama, masuk ke aplikasi Zoom dan log in ke akun yang sudah Anda buat

  2. Kemudian klik Home

  3. Jika ingin menggunakan Personal Meeting ID, klik tanda panah ke bawah kemudian klik "Use my Personal Meeting ID"

  4. Terakhir, klik New Meeting

Agar para peserta bisa masuk ke ruang virtual tersebut, Anda perlu membagikan link atau ID ruangan kepada para peserta.

Harga Layanan Zoom

Sebelumnya sudah disinggung bahwa Zoom bisa digunakan secara gratis jika hanya untuk kebutuhan pribadi. Dengan layanan gratis ini, akan ada beberapa batasan fitur, misalnya:

  • Durasi meeting dibatasi selama 40 menit jika pesertanya lebih dari 1

  • Meeting dengan 1 peserta bisa dilakukan hingga 30 jam

  • Jumlah maksimal partisipan adalah 100 orang

Setelah lewat dari 40 menit, maka ruang akan ditutup secara otomatis dengan didahului oleh notifikasi hitung mundur. Tapi jangan khawatir, Anda bisa melanjutkan lagi dengan membuat ruang baru dan mengundang kembali para partisipan.


Tapi jika Anda merasa terganggu dengan harus buat berulang-ulang tiap 40 menit sekali, maka cobalah gunakan fitur full dari Zoom.

Zoom sendiri memiliki banyak pilihan harga yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing.

1. Paket Pro

Untuk paket Pro, Anda bisa mendapatkan kelebihan seperti berikut

  • Partisipan hingga 100 orang

  • Durasi ruangan bisa sampai 30 jam berapapun jumlah pesertanya

  • Bisa disambungkan dengan live streaming ke media sosial pribadi maupun perusahaan

  • Gratis 1 GB cloud storage untuk menyimpan hasil rekaman meeting

Anda juga bisa meningkatkan jumlah partisipan maksimal hingga 1000 orang dengan tambahan paket.

Harga paket Pro ini mulai dari $149,90 per tahun.

2. Paket Bisnis Kecil

Untuk para pemilik bisnis kecil, tersedia paket khusus untuk Anda dengan kelebihan seperti berikut.

  • Partisipan maksimal hingga 300 orang

  • Link yang bisa dikustomisasi

  • Company branding

  • Durasi meeting hingga 30 jam

Harga paket ini mulai dari $199,90 per tahun. Dan sama seperti paket sebelumnya, Anda juga bisa meningkatkan jumlah maksimal partisipan.

3. Paket Enterprise

Yang terakhir ada paket Enterprise. Dengan paket ini, Anda bisa mendapatkan kelebihan berupa:

  • Maksimal partisipan hingga 500 orang

  • Gratis cloud storage sepuasnya untuk hasil rekaman meeting

  • Durasi meeting hingga 30 jam

  • Transcript hasil recording

Sebagai salah satu paket dengan fitur paling lengkap, paket Enterprise ini memiliki harga $240 per tahun.

Jadi seperti itulah pembahasan dasar tentang aplikasi Zoom Meeting. Semoga setelah membaca artikel ini, Anda jadi bisa membuat meeting sendiri untuk keperluan kantor maupun pribadi.



Yorumlar


Yorumlara kapatıldı.
bottom of page